DESAIN
PENGERTIAN DESAIN
Desain adalah ilmu yang mempelajari
konsep komunikasi dan ungkapan kreatif, teknik dan media untuk menyampaikan
pesan dan gagasan secara visual dengan mengolah elemen desain grafis berupa
bentuk gambar, huruf dan warna, serta tata letaknya, sehingga pesan dan gagasan
dapat diterima oleh sasarannya.
PRINSIP DESAIN
Prinsip-prinsip desain membantu
menentukan bagaimana menggunakan elemen desain. Prinsip-prinsip desain membantu
anda untuk menggabungkan berbagai elemen desain ke dalam tata letak yang baik. Ada
empat prinsip desain: keseimbangan, irama, penekanan dan kesatuan.
Keseimbangan
Setiap elemen pada susunan visual
yang telah ditentukan oleh ukuran, kegelapan atau keringanan, dan ketebalan
dari baris. Ada dua pendekatan dasar untuk menyeimbangkan. Yang pertama adalah
keseimbangan simetris yang merupakan susunan dari elemen agar merata ke kiri
dan ke kanan dari pusat. Yang kedua adalah keseimbangan asimetris yang
merupakan pengaturan yang berbeda dengan berat benda yang sama di setiap sisi
halaman. Warna, nilai, ukuran, bentuk, dan tekstur dapat digunakan sebagai
unsur balancing.
Simetris bisa menjadi kekuatan dan
stabilitas publikasi, presentasi, dan situs web. Asimetris dapat menyiratkan
kontras, berbagai gerakan, mengejutkan dll. Hal ini cocok untuk modern dan
publikasi hiburan, presentasi, dan situs web.
Untuk menciptakan keseimbangan:
1. Ulangi
bentuk tertentu secara berkala, baik secara vertikal maupun horizontal.
2. Pusat
elemen pada halaman.
3. Menempatkan
beberapa visuals kecil di satu daerah untuk menyeimbangkan satu blok besar
gambar atau teks.
4. Gunakan
satu atau dua bentuk aneh dan membuat bentuk biasa.
5. Keringanan
teks potong-berat dengan terang, berwarna-warni visual.
6. Meninggalkan
banyak spasi besar sekitar blok teks atau foto gelap.
7. Offset
besar, gelap foto atau ilustrasi dengan beberapa lembar teks kecil,
masing-masing dikelilingi oleh banyak spasi.
Irama
Rhythm / Irama adalah pola berulang
yang dibuat oleh unsur-unsur yang berbeda-beda. Pengulangan (mengulangi unsur
serupa dalam cara yang konsisten) dan variasi (perubahan dalam bentuk, ukuran,
posisi atau elemen) adalah salah satu kunci untuk visual ritme. Fungsinya
menempatkan elemen dalam sebuah layout secara berkala dan membuat halus
ritme. Perubahan pada ukuran dan jarak antara unsur membuat cepat ritme
dan menjadi hidup serta membuat suasana hati menyenangkan.
Untuk membuat rhythm:
1. Ulangi
sejumlah elemen berbentuk mirip, bahkan dengan spasi putih di antara
masing-masing, untuk menciptakan sebuah ritme biasa.
2. Ulangi
rangkaian semakin besar elemen yang lebih besar dengan spasi putih di antara
setiap ritme yang progresif.
3. Alternatif
gelap, huruf tebal dan ringan, tipis jenis.
4. Alternatif
gelap halaman (dengan banyak jenis grafik atau gelap) dengan cahaya halaman
(dengan jenis lebih sedikit dan berwarna muda grafis).
5. Mengulang
bentuk yang sama di berbagai bidang sebuah layout.
6. Ulangi
elemen yang sama pada posisi yang sama pada setiap halaman yang dicetak
penerbitan seperti newsletter.
Penekanan
Tata letak setiap kebutuhan yang
penting untuk menarik para pembaca ke bagian penting dari tata letak.
Umumnya, dibuat ketika salah satu unsur berbeda dari yang lainnya.
Untuk membuat penekanan:
1. Gunakan
rangkaian merata spaced, persegi di samping foto yang digariskan foto dengan
bentuk yang tidak biasa.
2. Letakkan
bagian yang penting dari teks pada sudut melengkung atau sekaligus menjaga
semua jenis yang lainnya di kolom lurus.
3. Gunakan
huruf tebal, hitam untuk judul dan jenis subheads ringan teks dan banyak
lainnya untuk semua teks.
4. Tempat
yang besar di sebelah gambar kecil sedikit teks.
5. Reverse
(gunakan jenis putih) yang utama dari sebuah kotak hitam atau berwarna.
6. Gunakan
warna yang tidak biasa atau jenis font yang paling penting untuk informasi.
7. Letakkan
daftar yang ingin Anda sorot di sidebar dalam kotak berbayang.
Kesatuan
Kesatuan membantu semua elemen
seperti milik bersama. Menyatukan elemen elemen oleh kelompok yang saling
berdekatan sehingga terlihat seperti milik bersama. Gunakanlah kotak
(dengan struktur yang halaman) untuk membuat kerangka untuk margin, kolom,
jarak, dan proporsi.
Untuk membuat persatuan:
1. Gunakan
hanya satu atau dua typestyles dan berbeda ukuran atau berat untuk kontras
seluruh publikasi, presentasi, atau situs web.
2. Konsisten
dengan jenis font, ukuran, dan gaya untuk judul, subheads, keterangan, headers,
footers, dll di seluruh publikasi, presentasi, atau situs web.
3. Menggunakan
palet warna yang sama di seluruh.
4. Mengulang
warna, bentuk, atau tekstur yang berbeda di seluruh wilayah.
5. Pilih
visuals yang berbagi serupa warna, tema, atau bentuk.
6. Memperderetkan
foto dan teks yang sama dengan grid baris.
IDE DALAM MEMBUAT DESAIN
Metode desain adalah bidang yang luas
yang berfokus pada:
Menjelajahi kemungkinan dan
kendala dengan fokus keterampilan, berpikir kritis untuk penelitian dan
mendefinisikan ruang masalah atau penciptaan kategori baru.
Mendefinisikan spesifikasi dari
solusi desain yang dapat menyebabkan pedoman yang lebih baik untuk kegiatan
desain tradisional (grafis, industri, arsitektur, dll);
Mengelola proses eksplorasi,
mendefinisikan, menciptakan artefak secara terus menerus selama waktu
pengerjaan.
Prototyping skenario yang
mungkin, atau solusi yang bertahap atau secara signifikan memperbaiki situasi
Trendspotting; memahami keadaan
proses suatu tren.
TANTANGAN DALAM MEMBUAT DESIGN
Antara lain:
Proses pembuatan.
Metoda merancang.
Produk yang dihasilkan (rancangan).
Serta disiplin ilmu yang digunakan
(disain).
CONTOH DESAIN DALAM KEHIDUPAN
SEHARI-HARI
Advertising (Periklanan)
Periklanan merupakan salah satu
penggunaan yang paling menguntungkan grafis, seniman sering melakukan
pekerjaan iklan atau mengambil iklan potensial ke account
saat membuat seni, untuk meningkatkan peluang penjualan karya seni. Sebagai contoh
: Membuat kartu nama, Desain Kaos (T-Shirt)
Business (Bisnis)
Grafis yang umum digunakan dalam
bisnis dan ekonomi untuk membuat diagram keuangan dan tabel. Istilah
Usaha Graphics mulai dipakai pada akhir tahun 1970, ketika komputer pribadi
menjadi mampu menggambar grafik dibandingkan menggunakan format tabel. Bisnis
Grafik dapat digunakan untuk menyoroti perubahan selama jangka waktu tertentu.
Political (Politik)
Penggunaan grafis untuk
terang-terangan politik (kartun, grafiti, seni poster, desain bendera,dll)
adalah praktek berabad-abad lama yang berlangsung hingga hari ini di setiap
bagian dunia. “The mural Irlandia Utara” adalah salah satu contohnya.
Seni melukis di dinding atau tembok yang menceritakan konflik sejarah selama 35
tahun terakhir di Irlandia Utara.
Education (Pendidikan)
Grafis yang banyak digunakan adalah
dalam buku teks , terutama yang menyangkut mata pelajaran seperti geografi,
sains, dan matematika untuk menggambarkan teori dan konsep, seperti anatomi
manusia . Diagram juga digunakan untuk label foto dan gambar. Dalam rangka
edukasi, grafis berfungsi secara efektif sebagai bantuan pendidikan dan pelajar
harus mampu menafsirkannya dengan baik.
Film and animation (Film dan
animasi)
Komputer grafis sering digunakan
dalam sebagian besar film ber-fitur baru, terutama bagi Film dengan anggaran
yang besar. Film-film yang banyak menggunakan komputer grafis diantaranya
ada Doraemon, Upin -Ipin , Harry Potter, Spider Man dan masih
banyak lagi lainnya.
DESAIN GRAFIK
Bagian dari interface yang terlihat
dan menimbulkan cita rasa
a). Sesuatu yang seseorang lihat
pertama kali, dan menimbulkan kesan serta mempengaruhi tingkat emosi (mood)
b). Salah satu bentuk seni lukis
(gambar) terapan yang memberikan kebebasan kepada sang desainer (perancang)
untuk memilih, menciptakan, atau mengatur elemen rupa seperti ilustrasi, foto,
tulisan, dan garis di atas suatu permukaan dengan tujuan untuk diproduksi dan
dikomunikasikan sebagai sebuah pesan. Gambar maupun tanda yang digunakan bisa
berupa tipografi atau media lainnya seperti gambar atau fotografi.Desain grafis
umumnya diterapkan dalam dunia periklanan, packaging, perfilman, dan lain-lain.
Desain grafis adalah suatu
bentuk komunikasi visual yang menggunakangambar untuk
menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks
juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa
dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art.
Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses
pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun
disiplin ilmu yang digunakan (disain). Seni disain grafis mencakup kemampuan
kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnyatipografi, ilustrasi,
fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak.
FILOSOFI DESAIN
· Elemen visual ekonomi
· Tidak berlebihan
· Jelas dan terorganizir dengan
baik
PRINSIP DESAIN GRAFIK
1.Metafora (proses perancangan
bentuk). Maksudnya Menampilkan dan menggambarkan elemen-elemen (titik, garis,
warna, ruang dan tekstur) yang relefan dan dikenali. Menggunakan desktop yang
berhubungan dengan perancangan interface (Adobe Photoshop, Corel Draw,
Macromedia flash dll).
2.Kejelasan.
Setiap elemen yang digunakan pada
interface harus beralasan dalam penggunaannya. Memperjelas pesan yang
diberikan. Memberikan relax pada mata dalam menatap elemen-elemen saat
beraktifitas. Menawarkan kesederhanaan, enak dilihat, berkelas dan jelas
3. Konsisten
Konsisten dalam layout,warna,gambar
(image),icon,tipografi,teks, dll
·Konsisten pada layar, perpindahan
antar layar satu ke layar lain
·Konsisten pada desain interface yang
dirancang
·Bidang kerja (platform) mempunyai
petunjuk tuntunan
PEMBUATAN USER INTERFACE
Digunakan untuk mempermudah user
dalam mengkomunikasikan bentuk disain kedalam sebuah gambar, tulisan dsb.
TEKNIK KODING
Digunakan sepintas lalu, baik untuk
menarik perhatian tapi jarang digunakan. Mengabaikan penggunaan video,baik
untuk membuat sesuatu menjadi solid tapi jarang digunakan. Mungkin menarik mata
tapi dapat mengganggu setelah beberapa waktu.
TIPOGRAFI (TYPOGRAPHY)
Berasal dari kata Yunani Typos =
bentuk dan graphein = menulis, merupakan suatu ilmu dalam memilih dan
menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang-ruang yang
tersedia, menggunakan gabungan bentuk huruf cetak, ukuran huruf, ketebalan
garis, spasi antar huruf, garis pandu dan jarak antar baris. Sehingga dapat
menolong pembaca untuk mendapatkan kenyamanan membaca semaksimal mungkin. Mengapa
Tipografi penting untuk dipahami dalam Desain Grapik ? Karena Tipografi (pengaturan
huruf) mempengaruhi banyak hal : sebagai contoh estetika dari tampilan
penulisan blog, kesan yang di tampilkan blog, hingga yang terpenting keterbacaan
blog. Jika Blog yang pengaturan huruf nya baik,kesan
yang di tampilkan baik, tingkat keterbacaannya tinggi. Maka, secara
tidak langsung pengunjung akan nyaman dalam membaca konten blog anda dan
betah membacanya.
FONTS
Menggunakan serif untuk badan teks;
sans serif untuk judul
Menggunakan 1-2 huruf (maksimum 3
huruf)
Menggunakan jenis huruf
normal,italic,bold
Jangan sering menggunakan bold,
italic, dan huruf besar untuk sebagian besar teks/naskah,memperlambat proses
baca
Ukuran huruf maksimum 1-3 jenis
ukuran
Perhatikan warna dari background teks
WARNA (ATRIBUT, ASOSIASI)
Warna dapat didefinisikan secara
obyektif/fisik sebagai sifat cahaya yang dipancarkan, atau secara
subyektif/psikologis sebagai bagian dari pengalaman indera pengelihatan. Secara
obyektif atau fisik, warna dapat diberikan oleh panjang gelombang. Dilihat
dari panjang gelombang, cahaya yang tampak oleh mata merupakan salah satu
bentuk pancaran energi yang merupakan bagian yang sempit dari gelombang
elektromagnetik.
Cahaya yang dapat ditangkap
indera manusia mempunyai panjang gelombang 380 sampai 780 nanometer. Cahaya
antara dua jarak nanometer tersebut dapat diurai melalui prisma kaca menjadi
warna-warna pelangi yang disebut spectrum atau warna cahaya, mulai berkas
cahaya warna ungu, violet, biru, hijau, kuning, jingga, hingga merah. Di luar
cahaya ungu /violet terdapat gelombang-gelombang ultraviolet, sinar X, sinar
gamma, dan sinar cosmic. Di luar cahaya merah terdapat gelombang / sinar
inframerah, gelombang Hertz, gelombang Radio pendek, dan gelombang radio
panjang, yang banyak digunakan untuk pemancaran radio dan TV.
Proses terlihatnya warna adalah
dikarenakan adanya cahaya yang menimpa suatu benda, dan benda tersebut
memantulkan cahaya ke mata (retina) kita hingga terlihatlah warna. Benda
berwarna merah karena sifat pigmen benda tersebut memantulkan warna merah dan
menyerap warna lainnya. Benda berwarna hitam karena sifat pigmen benda tersebut
menyerap semua warna pelangi. Sebaliknya suatu benda berwarna putih karena
sifat pigmen benda tersebut memantulkan semua warna pelangi. Sebagai bagian
dari elemen tata rupa, warna memegang peran sebagai sarana untuk lebih
mempertegas dan memperkuat kesan atau tujuan dari sebuah karya desain. Dalam
perencanaan corporate identity, warna mempunyai fungsi untuk memperkuat aspek
identitas.
Lebih lanjut dikatakan oleh Henry
Dreyfuss , bahwa warna digunakan dalam simbol-simbol grafis untuk mempertegas
maksud dari simbol-simbol tersebut . Sebagai contoh adalah penggunaan warna
merah pada segitiga pengaman, warna-warna yang digunakan untuk traffic light
merah untuk berhenti, kuning untuk bersiap-siap dan hijau untuk jalan. Dari
contoh tersebut ternyata pengaruh warna mampu memberikan impresi yang cepat dan
kuat. Kemampuan warna menciptakan impresi, mampu menimbulkan efek-efek
tertentu. Secara psikologis diuraikan oleh J. Linschoten dan Drs. Mansyur
tentang warna sbb: Warna-warna itu bukanlah suatu gejala yang hanya dapat
diamati saja, warna itu mempengaruhi kelakuan, memegang peranan penting dalam
penilaian estetis dan turut menentukan suka tidaknya kita akan bermacam-macam benda.
Dari pemahaman diatas dapat dijelaskan bahwa warna, selain hanya dapat dilihat
dengan mata ternyata mampu mempengaruhi perilaku seseorang, mempengaruhi
penilaian estetis dan turut menentukan suka tidaknya seseorang pada suatu
benda.
Berikut kami sajikan potensi
karakter warna yang mampu memberikan kesan pada seseorang sbb :
1.Hitam, sebagai warna yang
tertua (gelap) dengan sendirinya menjadi lambang untuk sifat gulita dan
kegelapan (juga dalam hal emosi).
2.Putih, sebagai warna yang
paling terang, melambangkan cahaya, kesucian.
3.Abu-abu, merupakan warna yang
paling netral dengan tidak adanya sifat atau kehidupan spesifik.
4.Merah, bersifat menaklukkan,
ekspansif (meluas), dominan (berkuasa), aktif dan vital (hidup), panas membara,
peringatan, penyerangan, cinta.
5.Kuning, dengan sinarnya yang
bersifat kurang dalam, merupakan wakil dari hal-hal atau benda yang bersifat
cahaya, momentum dan mengesankan kebahagiaan, keceriaan dan hati-hati
6.Biru, sebagai warna yang
menimbulkan kesan dalamnya sesuatu (dediepte), sifat yang tak terhingga dan
transenden, disamping itu memiliki sifat tantangan.
7.Hijau, mempunyai sifat keseimbangan
dan selaras, membangkitkan ketenangan dan tempat mengumpulkan daya-daya baru,
identik dengan pertumbuhan dalam lingkungan,pasukan perdamaian,kepuasan
8.Pink, warna yang identik
dengan wanita, menarik/cantik, gulali
9.Orange, warna yang identik dengan
musim gugur, penuh kehangatan, halloween.
10.Coklat, warna yang mengesankan
hangat, identik dengan musim gugur, kotor, bumi
11.Ungu, warna yang identik
dengan kesetiaan, kepuasan, Barney (tokoh boneka berwarna ungu)
Dari sekian banyak warna, dapat
dibagi dalam beberapa bagian yang sering dinamakan dengan sistem warna Prang
System yang ditemukan oleh Louis Prang pada 1876 atau disebut juga sebagai
atribut warna meliputi :
1.Hue, adalah istilah yang digunakan
untuk menunjukkan nama dari suatu warna, seperti merah, biru, hijau dsb.
2.Value, adalah dimensi kedua atau
mengenai terang gelapnya warna. Contohnya adalah tingkatan warna dari putih
hingga hitam.
3.Saturation/Intensity, seringkali
disebut dengan chroma, adalah dimensi yang berhubungan dengan cerah atau
suramnya warna.
Selain Prang System terdapat beberapa
sistem warna lain yakni, CMYK atau Process Color System, Munsell Color System,
Ostwald Color System, Schopenhauer/Goethe Weighted Color System, Substractive
Color System serta Additive Color/RGB Color System. Diantara bermacam sistem
warna diatas, kini yang banyak dipergunakan dalam industri media visual cetak
adalah CMYK atau Process Color System yang membagi warna dasarnya menjadi Cyan,
Magenta, Yellow dan Black. Sedangkan RGB Color System dipergunakan dalam
industri media visual elektronika.
DESAIN ICON
. Merancang tugas/pekerjaan
· Menampilkan objek atau aksi dalam
tata cara yang mudah dikenali dan di ingat
· Keragaman icon berjumlah terbatas
· Icon dimunculkan pada latar
belakang
· Pastikan bahwa pada salah satu icon
yang dipilih terlihat lebih terang dari yang lain
· Tiap icon menggunakan simbol yang
berbeda satu dengan yang lain
· Membuat icon yang sejenis ke dalam
kelompok icon yang berkaitan
· Menghindari penggunaan icon terlalu
terinci
Sumber : Interaksi manusia dan
komputer universitas gunadarma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar