Senin, 06 Februari 2017

TIPS MENGHADAPI UJIAN



Berikut 10 tips belajar efektif menghadapi ulangan akhir semester, yakni :

1. Menciptakan suasana belajar yang nyaman.
Banyak hal yang bisa dilakukan dengan suasana belajar yang nyaman. Sambil mendengarkan musik atau tempat belajar yang sesuai dengan "mood" anak. Di kamar, ruang keluarga atau teras rumah dan sebagainya. Sebagai orang tua kita harus memahami bahwa anak memiliki gaya belajar sendiri-sendiri, kita dukung saja. Hanya sesekali kita melakukan kontrol, supaya suasana belajar yang diciptakan anak jangan sampai mengganggu konsentrasi belajar si anak sendiri.

2. Memilih waktu yang tepat.
Memang tidak semua anak memiliki waktu belajar yang sama, namun biasanya waktu yang tepat untuk menguasai materi pelajaran adalah malam hari dan pagi hari. Malam hari digunakan untuk membaca, menghapal dan memahami materi, sedangkan pagi hari, pada saat tubuh anak lebih fresh bisa dimanfaatkan untuk mengulang materi kembali.

3. Mencatat pokok-pokok materi pelajaran.
Menghapal sekian banyak materi pelajaran tidaklah mudah, apalagi gaya belajar si anak terbiasa dengan SKS atau sistem kebut semalam. Mengambil intisari atau rangkuman setiap pelajaran yang sudah dibaca akan mempermudah kemampuan daya ingat akan materi pelajaran.

4. Banyak-banyak membaca.
Membaca adalah kunci belajar, paling tidak, membaca materi pelajaran 2 kali dalam sehari akan menambah daya ingat. Jika hal ini bisa dilakukan, maka otak akan lebih mudah menyimpan materi dalam waktu lama dan anak tidak gampang lupa.

5. Memahami materi, tidak sekedar menghapal.
Salah satu kesalahan dalam gaya belajar adalah sekedar menghapal. Menghapal memang penting, namun memahami materi jauh lebih penting. Anak boleh jadi memiliki kemampuan menghapal 100% detail pelajaran, namun usahakan agar anak mengerti dan memahami maksud dari materi pelajaran tersebut. Hapal dengan materi pelajaran tidak dijamin ingat dalam waktu lama, namun mengerti dan memahami materi, tidak akan mudah lupa.

6. Menghapal dan memahami kata-kata kunci.
Ajarkan pada si anak untuk membuat kata-kata kunci supaya lebih mudah diingat memori otak saat belajar dan dibutuhkan dalam menjawab soal-soal ujian.

7. Berlatih dengan menjawab soal.
Pada setiap akhir bab pelajaran, biasanya ada soal-soal latihan. Ajarkan si anak untuk mencoba berlatih dengan menjawab soal-soal tersebut sebagai tolok ukur kemampuan belajar anak dalam penguasaan materi yang sudah dipelajari.

8. Istirahat cukup.
Belajar boleh giat dan rajin, namun jangan lupakan untuk istirahat, karena setiap jeda akan digunakan untuk melemaskan tubuh dan pikiran. Dengan beristirahat, maka tubuh dan pikiran akan menjadi lebih segar.

9. Siapkan mental.
Banyak kejadian bahwa pada saat mendekati ujian, si anak sudah terbebani dengan berbagai macam pikiran. Takut tidak bisa mengerjakan, nilai jelek, dimarahi orang tua dan sebagainya sehingga mengurangi kesiapan anak dalam menghadapi ujian. Orang tua harus menumbuhkan percaya diri anak, dengan memberikan pengertian dan motivasi. Ujian adalah hal biasa, atau seperti ulangan-ulangan harian saja, ajarkan pada anak untuk selalu optimis.

10. Jaga kesehatan anak.
Hal yang tidak kalah penting disiapkan adalah menjaga tubuh supaya tetap sehat.Seperti kata pepatah, "Di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat". Proses belajar untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian akan menguras begitu banyak energi anak, maka berilah anak asupan-asupan bergizi, susu, vitamin dan lain-lain sehingga tubuh tetap sehat dan bugar.

sumber : http://antoniusiwansblog.blogspot.co.id/2014/12/10-tips-belajar-efektif-menghadapi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar